Rabu, 14 September 2016

profil desa sungai enau

GAMBARAN UMUM KONDISI DESA

A.   GAMBARAN UMUM DESA
1.    SEJARAH DESA
            Sejarah historis Desa Sungai Enau merupakan Desa pemekaran yang dimekarkan dari Desa Kubu Padi a Kecamatan Kuala Mandor B Kab kubu Raya.
2.    DEMOGRAFI DESA
            Wilayah Desa Sungai Enau dilintasi garis khatulistiwa beriklim tropis, Terletak pada Ketinggian 3 m dari permukaan laut dengan suhu rata-rat  250C,   dengan iklim dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Adapun Dengan jumlah penduduk pada Tahun 2015 berjumlah 5234 jiwa dengan pembagian penduduk  Laki-laki berjumlah 2597 Jiwa dan perempuan 2639 jiwa dengan Jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.303 Kepala Keluarga (KK).


 


 

 

 
.
 
            Adapun batas wilayah Desa Sungai Enau Sebelah Timur berbataskan dengan Sungai Desa Retok, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sungai malaya , Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kubu Padi dan Sebelah Selatan berbatasan dengan desa kuala mandor B..

Luas Wilayah Desa Kuala Mandor B berkisar +9.365.39 KM², dengan sebagian besar wilayahnya  20% yang belum dikelolah, 35% dipergunakan untuk pemukiman dan  45% untuk perkebunan dan lahan pertanian.
3.    Keadaan Sosial Desa
Sebagian penduduk (60%) merupakan Suku Madur, 5% Suku Melayu, 5% Suku Bugis, 25% suku Dayak, 5% Campuran. Adapun penganut agama sebagian besar (75%) adalah penganut agama Islam, 20% Kristen, dan 5% Budha.
            Sebagia besar penduduk Desa Kuala Mandor B masih tamatan SD 35%, 30% tamatan SMP, 10% tamatan SMA, 5% tamatan perguruan tinggi, dan 20% tidak tamat SD.
            Untuk budaya, banyak dipengaruhi budaya Islam karena masih kentalnya adat istiadat yang dianut masyarkatnya. Untuk politik, masih sedikit warga yang terlibat aktif dalam partai politik walaupun sudah ada komisariat partai politik di desa  Sungai Enau
4.    Keadaan Ekonomi

 
            Sebagai daerah Desa Sungai Enau sebagian besar perekonomiannya bertumpu pada sektor pertanian dan perkebunan. Terdapat 65% penduduk bermata pencaharian sebagai petani, 20% di Berbagai sektor (karyawan, pedagang, PNS) dan 15% lainnya tidak menetap.
            Desa Sungai Enau belum memiliki akses perbankan. Yang ada hanya untuk pasar desa yang mengakses ke pasar kecamatan. Untuk kaum perempuan, sudah banyak kelompok perempuan yang bergerak di bidang usaha kecil/ekonomi rumah tangga.
B.     Kondisi Pemerintah Desa
1.    Pemabgian wilayah Desa
Desa Sungai Enau terbagi menjadi 5dusun, yaitu: Dusun Sunge ANO, dusun Saga , Dusun Ampaning, Dusun Jaya, dan Dusun Padi Raya; terbagi menjadi 14 RW; dan 46 RT
2.    Struktur Organisasi Pemerintahan Desa
Struktur Pemerintahan DESA  SUNGAI  ENAU terdiri dari:
a.    Kepala Desa             : Rajali
b.    Sekretaris Desa        : Florensius Anas
c.    Kaur Keuangan       : Shobri, S.Pd.
  Kepala KAUR                        :
  1. Kasi Pemerintahan             : Maryadi 
  2. Kasi Ekbang                         : Muhasis, S.Pd.I 
  3. Kasi Kemasyarakatan         : Margareta Rohana

Kepala Dusun                      : 7 orang ( 5 sudah terbentuk, 2 lagi masih
  Pemekaran )
f.     Ketua RW                              : 14 orang
g.    Ketua RT                               : 46 orang

      Sebagai mitra kerja Kepala desa, jaga terbentuk badan Permusyawaratan desa (BPD) yang terdiri dari 9 orang  pengurus dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang terdiri dari 5 orang pengurus. Di samping itu juga terdapat pengurus kelompok tani, kelompok perempuan, dan kelompok pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya.

1.    KEADAAN SOSIAL DAN EKONOMI DESA
a.    Keadaan Sosial Desa
Data terakhir penduduk DESA SUNGAI ENAU berjumlah 1.110 jiwa, Sebagian besar penduduknya merupakan Suku Madura 60%,, Suku Bugis 5%, Suku Melayu5%, suku Dayak 25% ,Suku Campuran 4.4% dan Sebagian Kecil 0.6% keturunan Teonghua .    
            Adapun penganut agama sebagian besar 75% pendudk Desa Ambarawa adalah penganut agama Islam, 20% Pemeluk Agama Kristen, sementara itu 5% masih beragama Budha.
            Kondisi tingkat Pendidkan Masyarakat Desa Sungai Enau pada umumnya 40% masih Tamat SD, 20% Tamat SMP, 20% Tamat SMA,10% Perguruan Tinggi dan 10% tidak tamat SD/ Putus sekolah. untuk budaya, banyak dipengaruhi budaya Islam karena masih kentalnya adat-istiadat islam yang dianut masyarakatnya dan Adat Dayak yang masih dipegang tegug kelestariannya ,untuk politik, masih sedikit warga yang terlibat aktif dalam partai politik walaupun sudah ada Komisariat-komisariat partai politik yang masuk di Desa  namun pola kehidupan masyarakat sudah mengarah pada jaman modern namun tak lepas dari Adat Istiadat yang turun temurun dari nenek moyang. Adat istiadat ini masih dipertahankan hingga kini walaupun banyak pengaruh terutama dari mudahnya informasi yang didapat dari Televisi maupun pergaulan masyarakat sehari-hari ditambah lagi dengan letak Desa Sungai Enau yang mudah dijangkau karena dilalui jalur lintas antar Desa Ke Ibu Kota kecamatan dan Kabupaten Bahkan Provinsi.
Kondisi tempat tinggal/perumahan penduduk pada umumnya cukup mampu, namun masih ada beberapa kepala keluarga yang rumahnya dibawah standar layak huni.

b.    Keadaan Ekonomi Desa
            sebagian besar perekonomian desa bertumpu pada sektor Pertanian, Perkebunan dan Perikanan. Terdapat 70% penduduk bermata pencaharian sebagai petani di sektor Pertanian dan Perkebunan, 15% Nelayan, 13% di berbagai sektor  (Karyawan, Pedagang, PNS) dan 2% sisanya tidak menetap/pengangguran.
            Sebagian besar perekonomian desa bertumpu pada sektor Perkebunan Kelapa Sawit, Pertanian Padi, Keladi, mata pencaharian yang sebahagian besar dari sector Perkebunan Kelapa Sawit, Kebun Karet dan Pertanian msih berpola sederhana/tradisional.
pada umumnya Masyarakat masih berpenghasilan sedang yaitu rata-rata setara dengan pendapatan perkapita nasional.
            Adapun kondisi Perkebunan dan Pertanian dan komoditi yang menjadi unggulan di Desa Sungai Enau adalah sebagai berikut :
A.   Perkebunan
1.    Pohon Karet
2.    Kelapa Sawit
3.    Keladi
4.    Pisang
B.   Pertanian
1.    Lahan tanah kering ladang padi
2.    Lahan padi tanah basah (Sawah)
Desa Sungai Enau belum memiliki akses perbankan, untuk pasar masyarakat Desa Sungai Enau  masih mengakses kepada pasar di Kabupaten dan Kota.
Untuk kaum perempuan, belum ada Kelompok perempuan yang bergerak dibidang usaha kecil/ekonomi rumah tangga.


Kalkulasi pendapatan karet masyarakat Desa Sungai Enau


NO


NAMA

PENDAPATAN RATA-RATA 5 (LIMA) DUSUN
Pendapatan Per-Hari
Pendapatan Per-Minggu
Pendapatan Per-Bulan
Pendapatan Per-Tahun

1
KARET DUSUN JAYA
1.875 Kg
9.375 Kg
131.250 Kg
131.2500 Kg
2
KARET DUSUN SAGA
2050 Kg
10.250 KG
102.500 Kg
1025.000 Kg

3
KARET DUSUN AMPANING
1.875 Kg
9.375 Kg
93.750Kg
937.500 Kg
4
KARET DUSUN SUNGE ANO
550 Kg
2.750 Kg
10.750 Kg
123.750 Kg

5
KARET DUSUN PADI JAYA
1.050 Kg
5.250 Kg
52.500 Kg
472.500 Kg





376,0 Ton/Th

1 komentar: